Mana Yang Paling Sehat, Toilet Duduk atau Toilet Jongkok ??

Berbicara masalah kesehatan tentu tidak akan ada habisnya, bahkan toilet pun dapat menjadi salah satu topik pembicaraan serta penelitian kesehatan yang menarik dan tentunya wajib untuk diketahui.
Apa yang mejadikan toilet ini berpengaruh terhadap kesehatan...? tentu saja mengenai mekanisme atau cara kerja toilet itu sendiri. Nah terutama adalah perbandingan dan pengaruh terhadap kesehatan yakni penggunaan toilet jongkok dan toilet duduk.
toilet duduk vs toilet jongkok

Menurut para Dokter yang memahami tentang kesehatan menyatakan bahwa lebih baik untuk menggunakan Toilet Jongkok dibandingkan dengan Toilet Dukuk dikarenakan anatomi tubuh manusia akan lebih baik jika menggunakan toilet jongkok, namun bukan berarti toilet duduk itu buruk "Sejujurnya kita itu lebih baik menggunakan toilet jongkok. Kenapa? Karena posisi anatomi tubuh manusia akan lebih baik jika kita menggunakan toilet jongkok. Walaupun begitu bukan berarti toilet duduk itu buruk hanya saja ketika buang air besar, otot puborectalis mengendurkan tekanannya di rektum untuk memungkinkan feses (kotoran) keluar. 
Dalam posisi duduk, tekanan yang ada hanya membuat rektum mengendur sebagian sehingga besar kemungkinan fases (kotoran) tidak keluar seluruhnya, sementara dalam posisi jongkok, tekanannya dapat membuat rektum mengendur dan rileks dengan sempurna sehingga memudahkan sekaligus melancarkan proses pengeluaran feses, oleh karena itu tidak ada sisa kotoran yang tertinggal. Seperti yang kita ketahui bahwa fases (kotoran) itu bersifat amonia yang beracun, maka dari itu jika pengeluarannya tidak lancar sangat dimungkinkan terjadinya penyakit.
Survey sederhana yang membuktikan bahwa Toilet duduk tidak lebih baik dari Toilet Jongkok adalan kenyataan bahwa di Negara-negara yang kurang berkembang mayoritas menggunakan Toilet Jongkok namun prosentase jumlah penderita penyakit yang berhubungan dengan hal demikian rendah jumlahnya sedangkan di Negara-negara maju yang mayoritas menggunakan Toilet Duduk justri banyak yang mengalami/menderita penyakit yang berhubungan dengan hal itu.

Semoga Artikel tentang perbandingan Toilet Duduk dan Toilet Jongkok ini bermanfaat.

Labels: ,